Tuesday, September 28, 2010

Markisa

Bunganya sudah bermekaran, saya lihat lagi dengan lebih cermat, oh, buahnya sudah mulai nampak, dan ternyata sudah banyak sekali, tapi belum matang.
Markisa bukan tanaman asli Indonesia tapi dari Amerika Selatan, tepatnya Brasil, dan berkembang luas hingga ke Indonesia. Kalau di luar, biasanya markisa disebut passion fruit, nah, sering kan ngerasain minuman-minuman rasa passion fruit, tapi kok kayaknya nggak kaya' markisa ya, hhe. Selain passion fuit, juga biasa disebut granadilla atau meracuja. Di Indonesia sendiri markisa menjadi salah satu buah faforit, buktinya aja ada sirupnya?hha, bukan alasan yang pas ya :p. Markisa yang biasanya sering kita makan adalah markisa kuning, atau markisa ungu yang banyak di Sumatra dan Sulawesi, kalau yang ada di rumah saya ini, markisa kuning, sekarang belum matang. Markisa adalah jenis tanaman menjalar.
Setelah melihat buah markisa yang ada di rumah, saya langsung cari tahu mengenai kegunaan dari mengkonsumsi buah markisa di internet. Banyak manfaatnya loh! Buah markisa berkhasiat sebagai pereda nyeri, anti kejang, kolitis, penenang dan anti radang. Gangguan seperti sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering juga bisa! Daging buah markisa digunakan untuk merilekskan saraf saat sakit kepala, meredakan diare, dan neurastenia (kelelahan kronis, lemah, tidak nafsu makan, tidak bisa konsentrasi, dan susah tidur)

Menurut penelitian invitro di University of Florida: ekstrak buah markisa kuning banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Fitokimia tersebut antara lain polifenol dan karotenoid. Kandungan fitokimia yang lain dalam markisa adalah harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. Sedangkan kandungan gizinya antara lain: energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, dan asam sitrat. (http://ksupointer.com/2009/khasiat-buah-markisa)

Buat Anda yang suka susah tidur, coba makan markisa sebelum tidur, karena kandungan vitamin Bnya mampu memperlancar peredaran daran, dan membuat tidur lebih nyaman :)

Sedangkan untuk yang ingin mempunyai kulit yang sehat serta menghilangkan racun-racun di tubuh, mari coba detoks dengan menggunakan markisa. Markisa mengandung vitamin C dosiis tinggi dan aktioksidan, sehingga dapat meningkatkan antibodi dan kekebalan tubuh, sebagai aktioksidan, mampu meningkatkan kesegaran kulit tubuh dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah.

Tidak sabar menunggu markisa di rumah matang, buat Anda yang tertarik silahkan membeli bibit dan menanamnya di rumah, atau langsung beli saja yang sudah jadi. Selamat menikmati :)

1 comment: