Sunday, October 17, 2010

Annie



Annie (Aileen Quiin) adalah seorang gadis kecil yatim piatu, ia 'disewa' untuk menjalani satu minggu di rumah orang terkaya di wallstreet. Annie merupakan seorang gadis periang. Baru beberapa hari di rumah besar itu, semua karyawan sudah menyukai bahkan mencintainya. Hingga akhirnya Mr. Warbucks (Albert Finney) datang dan meminta Annie dipulangkan karena ia menginginkan seorang anak laki-laki. Apalagi Mr. Warbucks hanya membutuhkan anak yatim piatu untuk mengangkat citra positifnya di media. Hingga akhirnya Miss Grace Farrel (Ann Reinking) memohon untuk membiarkan Annie tetapi disana selama satu minggu.

Awalnya Mr.Warbucks tidak begitu tertarik dengan Annie dan anjingnya. Sampai permainan kata yang diucapkan dan reaksi Annie mampu membuat Mr.Warbucks mengikutinya. Hal itu mulai benar-benar terlihat ketika Annie, Miss Grace dan Mr. Warbucks menonton bioskop. Pagi harinya, Miss Grace menawarkan untuk mengadopsi Annie. Sebelumnya Mr. Warbucks menolaknya, namun untuk Grace ia lakukan.

Saat Mr.Warbucks ingin membicarakan soal adobsi itu ke Annie, Annie menolak dengan polos dan halus, Annie masih menunggu dan berharap orangtuanya akan datang. Akhirnya Mr. Warbucks membantu membuat sayembara untuk menemukan orangtua Annie dan memberikan hadiah sebesar $50.000

Lebih dari 800 pasangan mengaku sebagai orangtua Annie. Tak tega melihat antrian yang panjang itu Mr. Warbucks mengajak Annie bertemu dengan Presiden Roosevelt
(Edward Herrmann). Mr. Warbucks sebagai seorang republikan sinis terhadap Presiden, Presiden mengajak Mr Warbucks yang kaya raya itu untuk membantu proyek penyelamatan orang-orang kecil, berkat bantuan Annie akhirnya Mr Warbucks menyetujuinya.

Rooster
(Tim Curry), adik dari Miss Hannigan, mengetahui sayembara tersebut, bersama dengan pasangannya Lily (Bernadette Peters) ia meminta bantuan Miss Hannigan (Carol Burnett) untuk mengetahui hal-hal yang dapat meyakinkan bahwa mereka orangtua Annie, salah satunya adalah potongan liontin yang dimiliki Annie. Orangtua Annie sebenarnya sudah meninggal akibat kecelakaan kebakaran. Untungnya ide itu didengar oleh teman-teman Annie di panti asuhan.

Sayangnya Annie sudah di tangan mereka bertiga, teman-teman panti asuhan yang sempat terkurung itu telah berlari jauh mencari rumah Mr. Warbucks dan hampir menyerah hingga akhirnya mereka menemukan anjing Annie dan membawa mereka ke rumah Mr. Warbucks.

Annie yang pemberani berdalih ingin buang air dan berusaha kabur sambil merebut cek yang dibawa Miss Hannigan. Ketika hampir tertangkap, Annie menyobe-nyobek cek tersebut hingga membuat Rooster marah dan berkata ingin membunuhnya. Miss Hannigan yang mendengarnya tahu kalau Rooster tidak main-main. Miss Hannigan berusaha menarik Rooster untuk tidak membunuh Annie, ternyata Miss Hannigan yang pemabuk dan antagonis itu tetaplah seorang pemilik panti asuhan yang tidak tega jika anak kecil harus terbunuh. Namun Miss Hannigan tidak cukup kuat untuk menahan Rooster.

Rooster berkejar-kejaran dengan Annie di sebuah jembatan, hingga sampai di puncaknya Anni sudah mulai ketakutan. Untungnya Punjab
(Geoffrey Holder), bodyguard Mr.Warbucks yang juga penganut Budha itu datang menyelamatkan Annie. Pada akhirnya Rooster pun ditangkap polisi beserta Lilly. Sedangkan Miss Hannigan tertawa bahagia sambil melirik ke arah Punjab di pesta yang dipenuhi sirkus dan akrobat yang diadakan oleh Mr Warbucks dalam menyambut Annie sebagai anaknya.

Annie adalah film drama musikal tahun 1982 yang diproduseri oleh Ray Stark dan disutradarai oleh John Huston serta dibantu Arlene Phillips sebagai koreografer. Diadaptasi dari drama musikal tahun 1977. Penggarapan film ini berlangsung selama 6 minggu.

My Personal Review:

Tarian-tariannya sangat indah, banyak unsur tap dancenya, saya tidak begitu mengerti jenis tarian, tapi enerjik dan mempesona! Musik yang hebat dan suara yang enak didengar, terutama Annie. Banyak lagu-lagu yang tidak asing terutama "tomorrow". Terdapat unsur drama komedinya dan kekeluargaan. Satu hal yang menarik menurut saya adalah adegan dimana Mr.Warbucks dan Annie berada di siaran radio secara langsung, ditunjukkan bagaimana radio jaman dulu dan tipuan-tipuan di dalamnya serta kekocakan Mr. Warbucks disana. Konflik yang dihadirkan memang tidak begitu wah, cukup datar dan mudah ditebak, tetapi film ini enak untuk ditonton.

Award(Wikipedia):

Won

  • Young Artist Award 1981–1982
    • Best Young Motion Picture Actress - Aileen Quinn
  • Razzie Awards
    • Worst Supporting Actress - Aileen Quinn

Nominated

  • Academy Awards
    • Best Art Direction-Set Decoration -Dale Hennesy and Marvin March
    • Best Music, Original Song Score and Its Adaptation or Best Adaptation Score - Ralph Burns
  • Young Artist Award 1981–1982
    • Best Young Supporting Actress in a Motion Picture—Toni Ann Gisondi
  • Hollywood Foreign Press Associaton
    • Best Actress, Musical/Comedy - Carol Burnett
    • Best Actress, Musical/Comedy - Aileen Quinn
    • Best New Artist of the Year, Female - Aileen Quinn
  • Razzie Award for 1982
    • Worst Picture
    • Worst Screenplay
    • Worst Director - John Huston
    • Worst New Star - Aileen Quinn
Similar Movies:
Big Fellas, Heidi, Bright Eyes, Oliver!

No comments:

Post a Comment